Saturday, February 7, 2015

Daftar Tempat Wisata Yogyakarta (Bagian 2)

Sesuai judul dari artikel tentang daftar tempat wisata yogyakarta ini, artikel berikut adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Daftar Tempat Wisata Yogyakarta (Bagian 1). Seperti yang telah kita bahas dari artikel sebelumnya, yaitu tentang daftar beberapa tempat wisata buatan di Yogyakarta, kali ini kita akan teruskan untuk membahas beberapa tempat wisata yang ada di Yogyakarta.

Dalam artikel ini kita akan bahas bagian kedua yaitu Tempat Wisata Alami di Yogyakarta. Sesuai judulnya, saya akan berikan sedikit gambaran tentang tempat wisata alami ini. Yaitu adalah tempat-tempat wisata eksotis yang menyajikan keindahan dan keagungan alam tropis Yogyakarta. Menurut sebagian besar orang, wisata alam adalah wisata yang tiada duanya. Ya, saya sependapat. Akan tetapi perlu kita cermati juga bahwa pada artikel sebelumnya setiap tempat wisata buatan manusia yang telah kita bahas memiliki fungsi dan tujuan yang lebih spesifik tanpa mengesampingkan tujuan utama yaitu memuaskan hati pengunjung wisata tersebut. Langsung saja kita coba bahas wisata alam yang ada di Yogyakarta.

Tempat Wisata Alam di Yogyakarta

  1. Pantai Parangtritis Yogyakarta
    Belum lengkap jika kita mengunjungi Yogyakarta tanpa bersinggah di pantai dengan pasir hitamnya ini. Pesona ombak yang damai serta keelokan matahari terbenam yang berwarna oranye disisi baratnya ketika sore hari tidak akan pernah terlupakan bagi yang mengunjungi pantai ini. Fakta dari pantai ini adalah sebenarnya pantai ini terletak di selatan Yogyakarta dan masuk dalam pengelolaan pemerintahan Kabupaten Bantul. Sehinga disini kita tidak menggunakan judul Tempat Wisata Kota Yogyakarta.
  2. Pantai Baron
    Satu-satunya jalan menuju pantai indah ini adalah melalui jalan-jalan berbukit dan naik turun di Kabupaten Gunung Kidul. Salah satu daya tarik pantai ini adalah hasil tangkapan lautnya. Dimana sebagian besar penduduknya adalah nelayan yang mencari penghasilan di laut selatan dengan cara mencari hasil laut. Selain hasil laut, apabila kita ingin mencari oleh-oleh khas pantai bisa kita dapatkan di sepanjang jalan menuju pantai ini dari tempat kita memarkirkan kendaraan.
  3. Pantai Indrayanti (Pantai Pulang Sawal)
    Banyak dari wisatawan yang lebih mengenal Pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti ketimbang nama aslinya yaitu Pantai Pulang Sawal. Faktanya nama Indrayanti adalah nama salah satu restoran makanan laut di pantai ini. Berlokasi yang berjarak kurang lebih 20 menit menggunakan mobil dari Pantai Baron tidak membuat wisatawan melupakannya. Pantai baru dengan pasir putih ini menjadi sangat terkenal karena memang lokasinya yang lebih nyaman dan tidak terlalu terbuka dengan laut lepas karena diapit oleh dua batu karang raksasa di sisi timur dan baratnya. Sehingga wisatawan dapat bermain dengan air laut hingga mencari ikan-ikan kecil penghuni terumbu karangnya.
  4. Kaliurang
    Dari daftar pantai kita menuju kesisi utara Yogyakarta yaitu Kaliurang. Terletak dikaki gunung merapi membuat kaliurang menjadi tempat yang paling pas bagi wisatawan yang mengidamkan suasana sejuk dan segar. Makanan khas lokasi ini adalah Jadah & Tempe, sehingga berasa tidak ke kaliurang jika belum mencoba kuliner ini. 
Demikian sedikit ulasan tentang tempat wisata alam di Yogyakarta. Sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata alam yang dapat dikunjungi apabila kita berkunjung ke Yogyakarta. Apabila ada saran atau masukan terkait tulisan di artikel ini, silahkan isikan di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment